Jumat, 27 Mei 2016

Miateri Pesugihan Bulus Jimbung

Pintu Masuk Sendang Jimbung 


Tabirnews.com. Sendang Jimbung adalah suatu mata air yang terdapat di daerah Kalikotes, Klaten. Seperti diketahui memang Klaten banyak memiliki mata air alami yang tersebar di berbagai pelosok. 


Keberadaan mata air alami ini banyak memberi manfaat khususnya sebagai sumber air bagi sebagian besar warga yang tinggal di sekitar lokasi. Walaupun tidak seperti mata air alami lain yang berada di daerah Klaten utara, air yang dihasilkan sendang ini meski tidak melimpah tetapi tersedia setiap saat tanpa kenal musim. Warga memanfaatkan air yang tersedia ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih baik untuk keperluan konsumsi maupun untuk mandi, mencuci dan keperluan lainnya. Kelebihan air ini mengalir ke selokan di lokasi tersebut dan mengalir ke persawahan untuk keperluan pengairan.
Sumber mata air di Sendang Jimbung ini berupa dua kolam yang terpisah di lokasi ini. Di pinggiran kolam juga terdapat dua buah pohon besar yang sudah berumur puluhan tahun. Keberadaan pohon besar inilah yang diduga dapat mengikat dan menyimpan air tanah dari sekitar lokasi sendang. Pohon sejenis pohon randu gumbala dan pohon jaranan ini memberikan kesan teduh sekaligus suasana mistik di area sekitar sendang.
Aura mistik ini ternyata saat ini juga karena adanya kepercayaan beberapa orang tertentu yang menjadikan Sendang Jimbung untuk mencari pesugihan. Pesugihan ini didapat dengan jalan bersemedi di sekitar sendang dan melakukan nadar kepada Kyai Poleng. Secara fisik Kyai Poleng ini diujudkan dalam bentuk keberadaan bulus yang terdapat dalam kolam mata air utama yang persis di bawah pohon randu itu. Menurut cerita yang berkembang,  ada yang meyakini bahwa bulus Jimbung semula jelmaan dari Kyai Poleng dan Remeng. Keduanya adalah abdi dari Putri Wahdi.
Sejumlah warga kemarin mengemukakan, jumlah bulus Jimbung sebenarnya lebih dari sepuluh ekor. Dari sejumlah bulus itu, ada yang cukup besar, yang diperkirakan memiliki berat sekitar 125 Kg dan diameter 155 Cm. Bulus itu bersembunyi di dalam gua di bawah pohon randu gumbala dan pohon jaranan yang sudah berusia ratusan tahun. Salah satu bulus tersebut sudah mati beberapa bulan lalu dan oleh Dinas Pariwisata Klaten dilarung ke laut. Kalau siang hari bulus itu tidak tampak tetapi terdapat beberapa orang yang mungkin sebagai juru kunci atau anak-anak warga sekitar yang dapat membantu memanggil bulus itu keluar. Kepada mereka dengan memberikan imbalan sesukanya, maka mereka akan menggunakan potongan ikan untuk dibawa terjun ke dalam goa dan memberi makan bagi bulus itu. Pengunjung dapat melihat keberadaan bulus itu yang bergerak-gerak di bawah air yang jernih itu.
Misteri Sendang Jimbung

Dalam perkembangannya, keberadaan bulus itu dihubungkan dengan kepercayaan untuk mendapatkan pesugihan dengan jalan yang tidak biasa. Saat ini dipercaya beberapa orang dapat mencari pesugihan ini dengan imbalan pada Kyai  Poleng ini yang salah satu konsekuensinya adalah kulit wajah orang itu akan menjadi poleng atau belang seperti bulus yang terdapat di sendang itu. Untuk membuat nyaman suasana semedi dan mandi di sendang bagi penziarah itu kemudian ada orang yang membuat tempat peneduh dan komplek sendang diberi pagar seng. Ritual orang yang datang ini adalah bersemedi, mandi dan kemudian membuang pakaian yang dikenakannya saat itu.
Akibat dari aktivitas orang-orang tertentu ini tentu saja membuat resah warga sekitar yang umumnya justru berasal dari kaum yang beragamis. Terlebih tindakan mencari pesugihan ini cenderung musyrik maka hal ini jadi tidak membuat nyaman warga sekitar. Dengan beralihnya fungsi mata air ini menjadi tempat untuk pesugihan, maka aktivitas warga untuk memanfaatkan air yang berasal dari sumber air ini menjadi terganggu.
Keresahan ini kemudian diujudkan dalam bentuk inisiatif untuk membongkar tempat peneduh dan pagar di sendang. Warga juga melakukan kegiatan bersih-bersih mata air khususnya dari potongan kain-kain jarik dan celana yang banyak ditemukan di tepian kolam.
Sendang Jimbung Tak Lepas Tempat Bermaian Anak-Anak
Meskipun aktivitas pencegahan warga bagi pengunjung untuk tidak melakukan ritual mencari pesugihan telah dilakukan, namun tetap saja tidak menghalangi orang datang. Hal ini karena memang sudah banyak orang percaya akan kemampuan mistik yang diperolehnya. Dari sini memang dapat menjadi dilema bagi warga sekitar. Namun untuk membongkar dan menutup sendang juga tidak memungkinkan karena itu adalah tempat umum dan terbuka. Jika sampai keberadaan sendang diurug dan pohon besar harus ditebang, maka justru warga sendirilah yang rugi karena akan mematikan sumber air alami yang bermanfaat.
Langkah yang paling mungkin adalah dengan selalu melakukan sosialisasi untuk mencegah praktek ritual mencari pesugihan ini. Sendang ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat wisata alam misal dibangun suatu kolam renang yang representatif. Hal ini sangat mungkin karena lokasi Sendang Jimbung berada pada jalur transportasi menuju Rowo Jombor. Bahkan sangat mungkin jika lokasi ini juga diadakan tempat budidaya bulus, sehingga keberadaan bulus itu nantinya justru sebagai daya tarik wisata. Pola seperti ini mungkin bisa dilakukan dengan mengundang ahli biologi atau praktisi yang memiliki keahlian budidaya bulus atau kura-kura tawar. Langkah ini dapat mendukung program konservasi satwa, meskipun bulus belum dikategorikan satwa langka, namun upaya ini perlu juga dicoba.
Inisiatif pemerintah daerah Klaten perlu dilakukan untuk melakukan terobosan yang diusulkan di atas. Pada akhirnya warga sekitar akan tetap dapat menikmati berkah keberadaan Sendang Jimbung ini.



Ki Cokro Santri Tunggal: 
Mengatasi Berbagai Macam Masalah


KI COKRO ST,MASTER OF GENDAM: Mengatasi Berbagai Macam Problem Permasalahan Anda langsung Tuntas Tidak Ada Istilah gagal, Sudah Terbukti. Masalah: Pelet, Bisnis, Pelarisan, Kekebalan, Pengisihan Tenaga dalam, Ruwatan, Silat dll.
Hub: HP/WA: 08159852189. Condet, Jakarta Timur www.seputarmistik.com

https://www.youtube.com/channel/UCts5Ua5IehgoRev-E6-zh1A (Ki COKRO ST)


“Semarak Pesta Kembang Api Spectakuler”

Kami Perusahaan jasa khusus pengadaan Bunga Api dan Special Efek berdiri sejak 1988, dengan pengalaman 20 tahun dalam melaksanakan pertunjukkan Bunga Api.Kami yang pertama dan terbaik di Indonesia
Kami, menggunakan Bunga Api Impor dengan kualitas terbaik Kelas Dunia yang dapat digunakan dalam rangka menunjang Kegiatan-kegiatan di dalam gedung maupun di luar gedung, khususnya acara malam Pergantian Tahun , Wedding Party, Ulang Tahun Perusahaan, Festival dll, dengan lebih aman dan spectakuler:

Info:085285179336 email: agyudhistira72@gmail


Info & pemesanan:
Padepokan Metafisika Jeng Asih
Jl. Diponegoro 72, Pati – Jawa Tengah 
Jl. Melawai Raya 17, Blok M – Jakarta Selatan
08129358989 - 08122908585

3 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum wrb,salam persaudaraan,perkenalkan nama saya Dewi Zulianty asal dari Sukabumi niat saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman2 yang sedang dalam kesusahan,dulu saya seorang yang sangat sukses usaha saya dimana2 bahkan saya berfikir uang yang saya punya bisa dipakai tujuh turunan,kesuksesan saya membuat saya lupa segalanya,bahkan saya tidak pernah shalat sekalipun,cobaan datang menghampiri saya akhirnya saya bangkrut dan gulung tikar,himpitan ekonomi memaksa asya jadi pemulung,saya punya tiga orang anak dan semuanya masih kecil,saya sempat stres dan hampir bunuh diri tapi setiap saya menatap wajah anak saya semua semangat saya datang,saya sudah taubat dan shalat lima waktu tidak saya tinggalkan,tanpa sengaja saya didatangi seseorang dan memperkenalkan saya dengan Aki Tirem,saya coba telpon Aki dan alhamdulillah saya tersambung dengan beliau tapi pada awalnya saya ragu ikut saran Aki tapi saya punya niat lepas dari masalah saya dan saya punya niat menyekolahkan anak saya sampai selesai akhirnya saya ikut saran Aki walaupun keterbatasan dana yang saya punya,dan alhamdulillah saya sujut syukur dan mengeluarkan air mata ketika melihat hasil dari apa yang aki berikan pada saya,sekarang saya kembali sukses dan punya beberapa toko bangunan di daerah sukabumi,terimah kasih Aki Tirem berkat aki saya bisa seperti ini,khusus untuk teman2 yang percaya dengan pengalaman saya dan punya masalah apapun silahkan hub langsung Aki Tirem di nomor 0853 4359 0187 insya allah akan dibantu dan jangan takut beliau membantu tidak melenceng dari ajaran agama,sekali lagi saya ucapkan terima kasih pada pemuat web ini karna berkat ini saya bisa berbagi pengalaman saya,ini pengalaman nyata saya demi Allah tampa karangan apapun,sekian dan terima kasih Assalamualaikum Wrb.























































































    Assalamualaikum wrb,salam persaudaraan,perkenalkan nama saya Dewi Zulianty asal dari Sukabumi niat saya hanya ingin berbagi pengalaman kepada teman2 yang sedang dalam kesusahan,dulu saya seorang yang sangat sukses usaha saya dimana2 bahkan saya berfikir uang yang saya punya bisa dipakai tujuh turunan,kesuksesan saya membuat saya lupa segalanya,bahkan saya tidak pernah shalat sekalipun,cobaan datang menghampiri saya akhirnya saya bangkrut dan gulung tikar,himpitan ekonomi memaksa asya jadi pemulung,saya punya tiga orang anak dan semuanya masih kecil,saya sempat stres dan hampir bunuh diri tapi setiap saya menatap wajah anak saya semua semangat saya datang,saya sudah taubat dan shalat lima waktu tidak saya tinggalkan,tanpa sengaja saya didatangi seseorang dan memperkenalkan saya dengan Aki Tirem,saya coba telpon Aki dan alhamdulillah saya tersambung dengan beliau tapi pada awalnya saya ragu ikut saran Aki tapi saya punya niat lepas dari masalah saya dan saya punya niat menyekolahkan anak saya sampai selesai akhirnya saya ikut saran Aki walaupun keterbatasan dana yang saya punya,dan alhamdulillah saya sujut syukur dan mengeluarkan air mata ketika melihat hasil dari apa yang aki berikan pada saya,sekarang saya kembali sukses dan punya beberapa toko bangunan di daerah sukabumi,terimah kasih Aki Tirem berkat aki saya bisa seperti ini,khusus untuk teman2 yang percaya dengan pengalaman saya dan punya masalah apapun silahkan hub langsung Aki Tirem di nomor 0853 4359 0187 insya allah akan dibantu dan jangan takut beliau membantu tidak melenceng dari ajaran agama,sekali lagi saya ucapkan terima kasih pada pemuat web ini karna berkat ini saya bisa berbagi pengalaman saya,ini pengalaman nyata saya demi Allah tampa karangan apapun,sekian dan terima kasih Assalamualaikum Wrb.....

    BalasHapus
  3. JANGAN TERKECOH DENGAN SEBARAN TESTIMONI2 PALSU, KAMI PASTIKAN 100% PENIPUAN JIKA TIDAK MAU DI DATANGI LANGSUNG UNTUK RITUAL, PAKAI AKAL SEHAT LOGIKA ANDA

    BalasHapus